4 November 2012

Pidato Khas Pa Hasan





KH. Hasan Abdullah Sahal:

Fenomena da'I kecil perlu didiskusikan, dan haji ibadah sakral disertai dgn mengundang slebriti sm dgn mnurunkan derajat ibadah haji dgn sampah!! Umat!!

Kita harus memaksa diri karena setan juga memaksa!!!!

Islam bukan rahmatan lil alamin! Nabilah yg rahmatan lil alam.

Katakanlah "AKU HANYALAH" bukan "AKU ADALAH" karena jika ada seseorang yg mengatakan "AKU HANYALAH" itu adalah Umat Nabi Muhammad SAW, tapi jika ada yg berkata "AKU ADALAH" maka dia adalah sama dengan Fir'aun...

Khidupan lahiriah & bathiniah, pesantren punya nilai2 khidupan: moral, akhlaq, kjujuran

Pengusaha, org kaya, bs mengatur pondok tp tdk bs mendidik. Jgn katakan "sy sudah cukup" krna yg smpurna hanya Allah dan syariahnya. Pndok ini brjalan dg kbersamaan yg jd msalah adalah individualisme! Musyawarah adlah jiwa kita, lain dg demokrasi, klo dmkrasi suara masuk dirundingkan, klo musyawarah mslah yg dirundingkan. "Laisa kullu ma yal ma'u dahaban!" Kau kaya aku t' minta, kau pintar aku tak bertanya, kau besar aku t' brlindung, aku bs hdup tanpa kau!!

Pentingnya keseimbangan!

Didunia ini mnusia merasa bsar krna dianggap bsar, kaya dianggap ky. Pondok merasa maju krna dianggap maju! Sobek ijazahmu!! Sy bs hdup tanpa ijazah ini!!

Umroh brsama dude herlino.. Agama dijual murah!!

Saking senang nya lupa diri, saking sedihnya stres, yg nyuruh stres siapa...???

Pelajarilah kebenaran, dan jangan pelajari orang benar. Karena bisa jadi orang yg hari ini benar, besok bisa salah.

1. Pesantren mendidik kehidupan bukan hanya sekedar belajar agama

2. Tidak ada dikotomi kurikulum semua kegiatan merupakan kurikulum

3. Maju mundurnya pondok berasal dari dalam pondok bukan dari luar pondok

4. Pondok ini mempunyai sejarah panjang, jasanya orang banyak,

5. Tidak ada kemajuan tanpa disiplin, tidak ada disiplin tanpa keteladanan.

Jikalau pesantren itu dituduh jadi sarang teroris, apakah mau kalau kita bilang bahwa smp dan smu itu sarang koruptor?.

Man Jadda Wajada

0 komentar:

Posting Komentar